kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 11:45-57 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Persepakatan untuk membunuh Yesus
11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: "Apakah yang harus kita buat? Sebab orang itu membuat banyak mujizat. 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita." 11:49 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu, berkata kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa-apa, 11:50 dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa." 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai. 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat untuk membunuh Dia. 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim, dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya. 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. 11:56 Mereka mencari Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain: "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?" 11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Kayafas the son-in-law of Annas; a high priest of the Jews
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · orang-orang Roma any person or thing associated with Rome, particularly a person who was a citizen of Rome.
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · seorang warganegara Rum any person or thing associated with Rome, particularly a person who was a citizen of Rome.
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Maria | Marta | Lazarus | Yesus | Yohanes, Injil | Imam Besar | Orang Farisi | Nubuat | Pendamaian (Korban Kristus) | Imam Agung atau Imam Besar | Kayafas | Hari Raya | Raya, Perayaan Paskah | Yudea, Pada Zaman Yesus | Sidang, Persidangan Pengadilan | Anak Angkat | Efraim | Roma | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang-orang Kudus | Mujizat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Yoh 11:48 - tempat suci kita Harafiah: tempat kita. Ini dapat berarti baik Yerusalem, baik seluruh negeri, baik Tempat Suci yang unggul, Bait Allah, Mat 24:15; bdk Yes 60:13; 2Ma ...

Harafiah: tempat kita. Ini dapat berarti baik Yerusalem, baik seluruh negeri, baik Tempat Suci yang unggul, Bait Allah, Mat 24:15; bdk Yes 60:13; 2Ma 1:1:29; 2:18; Kis 6:13.

Jerusalem: Yoh 11:50 - bagimu Var: bagi kita. Sejumlah naskah tidak memuatnya sama sekali.

Var: bagi kita. Sejumlah naskah tidak memuatnya sama sekali.

Jerusalem: Yoh 11:51 - pada tahun itu Sejumlah naskah tidak memuat kata ini

Sejumlah naskah tidak memuat kata ini

Jerusalem: Yoh 11:51 - mati untuk bangsa itu Menurut pendapat Kayafas perlulah Yesus dikorbankan untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari bahaya politik yang menurut pendapat Imam Besar ditimbulkan...

Menurut pendapat Kayafas perlulah Yesus dikorbankan untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari bahaya politik yang menurut pendapat Imam Besar ditimbulkan oleh Yesus. Tetapi menurut rencana Allah, Yesus perlu mati demi keselamatan manusia. Bdk Yoh 1:29+.

Jerusalem: Yoh 11:53 - sepakat Var: nekad.

Var: nekad.

Jerusalem: Yoh 11:55 - hari raya Paskah...sudah dekat Yohanes terus menonjolkan hubungan yang ada antara kematian Yesus dengan Paskah, Yoh 13:1; 18:28; 19:14,42

Yohanes terus menonjolkan hubungan yang ada antara kematian Yesus dengan Paskah, Yoh 13:1; 18:28; 19:14,42

Jerusalem: Yoh 11:55 - sebelum Paskah itu Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.

Ende: Yoh 11:51 - Ia bernubuat Utjapan Kaifas jang tanpa disadari oleh dia sendiri dimaksudkan oleh Allah, sebagai suatu pernjataan jang resmi, bahwa Jesus akan mati untuk keselamat...

Utjapan Kaifas jang tanpa disadari oleh dia sendiri dimaksudkan oleh Allah, sebagai suatu pernjataan jang resmi, bahwa Jesus akan mati untuk keselamatan abadi seluruh umat manusia.

Ende: Yoh 11:54 - Efrem Suatu kota kira-kira 20 km djauhnja dari Jerusalem kearah utara.

Suatu kota kira-kira 20 km djauhnja dari Jerusalem kearah utara.

Ende: Yoh 11:55 - Untuk mentahirkan diri Berarti membersihkan diri dari noda-noda hukum, seperti terhadap ketentuan-ketentuan adat istiadat, atau barangkali disini terhadap larangan tak boleh...

Berarti membersihkan diri dari noda-noda hukum, seperti terhadap ketentuan-ketentuan adat istiadat, atau barangkali disini terhadap larangan tak boleh masuk rumah atau bergaul dengan orang kafir, hal mana sukar dihindari diluar Jerusalem. Mereka disebut "orang nadjis", bukan dalam arti bahwa mereka berdosa, melainkan bahwa mereka tidak boleh turut masuk kenisah atau turut merajakan pesta paska sebelum ditahirkan.

Ref. Silang FULL: Yoh 11:45 - melawat Maria // telah dibuat // percaya kepada-Nya · melawat Maria: Yoh 11:19 · telah dibuat: Yoh 2:23 · percaya kepada-Nya: Kel 14:31; Yoh 7:31; Yoh 7:31

· melawat Maria: Yoh 11:19

· telah dibuat: Yoh 2:23

· percaya kepada-Nya: Kel 14:31; Yoh 7:31; [Lihat FULL. Yoh 7:31]

Ref. Silang FULL: Yoh 11:47 - orang-orang Farisi // Mahkamah Agama // untuk berkumpul // banyak mujizat · orang-orang Farisi: Yoh 11:57 · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22 · untuk berkumpul: Mat 26:3 · banyak mujizat: Yoh 2:1...

· orang-orang Farisi: Yoh 11:57

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

· untuk berkumpul: Mat 26:3

· banyak mujizat: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 11:49 - yaitu Kayafas // tahun itu · yaitu Kayafas: Mat 26:3; Mat 26:3 · tahun itu: Yoh 11:51; Yoh 18:13,14

· yaitu Kayafas: Mat 26:3; [Lihat FULL. Mat 26:3]

· tahun itu: Yoh 11:51; Yoh 18:13,14

Ref. Silang FULL: Yoh 11:50 - ini binasa · ini binasa: Yoh 18:14

· ini binasa: Yoh 18:14

Ref. Silang FULL: Yoh 11:52 - dan mempersatukan · dan mempersatukan: Yes 49:6; Yoh 10:16

· dan mempersatukan: Yes 49:6; Yoh 10:16

Ref. Silang FULL: Yoh 11:53 - membunuh Dia · membunuh Dia: Mat 12:14; Mat 12:14

· membunuh Dia: Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Yoh 11:54 - orang-orang Yahudi · orang-orang Yahudi: Yoh 7:1

· orang-orang Yahudi: Yoh 7:1

Ref. Silang FULL: Yoh 11:55 - raya Paskah // menyucikan diri · raya Paskah: Kel 12:13,23,27; Mat 26:1,2; Mr 14:1; Yoh 13:1 · menyucikan diri: 2Taw 30:17,18

· raya Paskah: Kel 12:13,23,27; Mat 26:1,2; Mr 14:1; Yoh 13:1

· menyucikan diri: 2Taw 30:17,18

Ref. Silang FULL: Yoh 11:56 - mencari Yesus · mencari Yesus: Yoh 7:11

· mencari Yesus: Yoh 7:11

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 11:45 - -- 11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. Ayat...

11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

Ayat ini menceritakan tanggapan yang diharapkan, dan tidak mengherankan kita.

Hagelberg: Yoh 11:45-53 - -- 1. Kesepakatan (11:45-53) Kontras yang nyata dalam tanggapan mereka yang menyaksikan kebangkitan Lazarus adalah kesimpulan dari kontras yang telah dib...

1. Kesepakatan (11:45-53)

Kontras yang nyata dalam tanggapan mereka yang menyaksikan kebangkitan Lazarus adalah kesimpulan dari kontras yang telah dibahas antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak Tuhan Yesus.863 Dalam kasus ini mereka telah melihat belas kasihan-Nya dan kuasa-Nya, namun ada yang menolak dan memihak kepada musuh-Nya. Musuh-Nya tidak menyangkal adanya mukjizat. Dalam pasal 11:47 mereka berkata, "...orang itu membuat banyak mujizat." Namun mereka bersepakat untuk membunuh Dia. Situasi ini mirip situasi yang diceritakan dalam pasal 9. Walaupun ada bukti yang tidak dapat ditolak tidak, mereka masih melawan Dia. Injil Yohanes menjelaskan bahwa orang tidak menolak Tuhan Yesus karena bukti yang kurang.

Lazarus kembali dari maut, dan Yohanes tidak menceritakan mengenai pengalamannya di sana! Dia tidak menceritakan hal itu karena waktu itu, dan masa kini, hal itu tidak penting. Yang penting adalah kesaksian mengenai Dia yang adalah kebangkitan dan hidup.

Hagelberg: Yoh 11:45 - -- 11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya. Ayat...

11:45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

Ayat ini menceritakan tanggapan yang diharapkan, dan tidak mengherankan kita.

Hagelberg: Yoh 11:45-54 - -- B. Keputusan untuk membunuh Yesus (11:45-54)

B. Keputusan untuk membunuh Yesus (11:45-54)

Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)

III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)

Hagelberg: Yoh 11:46 - -- 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. Ayat ini mengherankan. Apakah...

11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu.

Ayat ini mengherankan. Apakah hati manusia begitu buruk, sehingga orang yang telah menyaksikan mukjizat kebangktan dari antara orang mati, dapat melawan Dia yang membangkitkan orang? Jawaban yang benar terlihat dalam peristiwa ini.

Mereka pergi kepada orang-orang Farisi, bukan kepada imam-imam, bukan karena orang Farisi berkuasa membunuh Yesus, tetapi karena imam-iman berada di lapisan atas, dan sulit dihubungi oleh rakyat, sedangkan orang-orang Farisi mudah dicari orang.

Hagelberg: Yoh 11:46 - -- 11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu. Ayat ini mengherankan. Apakah...

11:46 Tetapi ada yang pergi kepada orang-orang Farisi dan menceriterakan kepada mereka, apa yang telah dibuat Yesus itu.

Ayat ini mengherankan. Apakah hati manusia begitu buruk, sehingga orang yang telah menyaksikan mukjizat kebangktan dari antara orang mati, dapat melawan Dia yang membangkitkan orang? Jawaban yang benar terlihat dalam peristiwa ini.

Mereka pergi kepada orang-orang Farisi, bukan kepada imam-imam, bukan karena orang Farisi berkuasa membunuh Yesus, tetapi karena imam-iman berada di lapisan atas, dan sulit dihubungi oleh rakyat, sedangkan orang-orang Farisi mudah dicari orang.

Hagelberg: Yoh 11:47 - -- 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab...

11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab orang itu membuat banyak mukjizat.

Demikian perkataan orang-orang yang buta pada Terang. Mereka bingung karena sampai saat itu segala usaha mereka untuk melawan Dia sia-sia. Musa membuat banyak mukjizat, dan Firaun semakin melawan dia. Demikian juga dalam nas ini.

Biasanya orang-orang Farisi tidak senang dengan imam-imam kepala, tetapi mereka bersepakat untuk melawan Tuhan Yesus. Mahkamah Agung dikuasai oleh imam-imam kepala, dan orang-orang Farisi hanya merupakan minoritas. Pemerintah Roma memberikan kuasa atas segala urusan keYahudian di Israel kepada Mahkamah Agung, tetapi mereka tidak berhak menjalankan hukuman maut.

Hagelberg: Yoh 11:47 - -- 11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab...

11:47 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi864 memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata, "Apakah yang kita lakukan?865 Sebab orang itu membuat banyak mukjizat.

Demikian perkataan orang-orang yang buta pada Terang. Mereka bingung karena sampai saat itu segala usaha mereka untuk melawan Dia sia-sia. Musa membuat banyak mukjizat, dan Firaun semakin melawan dia. Demikian juga dalam nas ini.

Biasanya orang-orang Farisi tidak senang dengan imam-imam kepala, tetapi mereka bersepakat untuk melawan Tuhan Yesus. Mahkamah Agung dikuasai oleh imam-imam kepala, dan orang-orang Farisi hanya merupakan minoritas. Pemerintah Roma memberikan kuasa atas segala urusan keYahudian di Israel kepada Mahkamah Agung, tetapi mereka tidak berhak menjalankan hukuman maut.

Hagelberg: Yoh 11:48 - -- 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta ban...

11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita."866

Mereka melihat bahwa Dia semakin popular dengan rakyat, dan mereka tidak dapat menyangkal kuasa-Nya. Mereka tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus tidak mau memimpin pemberontakan melawan Roma, sehingga ketakutan yang mereka ucapkan dalam ayat ini masuk akal. Pasti Pemerintah Roma, yang gagah perkasa, tidak membiarkan pemberontakan yang mereka bayangkan. Mereka jauh lebih senang dengan keadaan yang enak yang mereka nikmati saat itu, dari pada kekacauan politis dan militer yang mereka bayangkan.867

Jadi, motivasi mereka nyata. Mereka tidak melawan Dia demi kepentingan kebenaran dan kemuliaan Allah. Mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri. Mereka siap membunuh, karena, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 8:44, Iblis menjadi bapa mereka, dan Iblis adalah pembunuh sejak semula, dan tidak hidup dalam kebenaran.

Kalimat ini bersifat ironis. Mereka tidak membiarkan Dia, namum pada saat Injil Yohanes ditulis, banyak orang percaya kepada-Nya, juga orang-orang Roma telah datang dan merampas tempat suci mereka serta bangsa mereka. Sifat ironis ini semakin nyata dalam empat ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 11:48 - -- 11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta ban...

11:48 Apabila kita biarkan Dia, maka semua orang akan percaya kepada-Nya dan orang-orang Roma akan datang dan akan merampas tempat suci kita serta bangsa kita."866

Mereka melihat bahwa Dia semakin popular dengan rakyat, dan mereka tidak dapat menyangkal kuasa-Nya. Mereka tidak mengerti bahwa Tuhan Yesus tidak mau memimpin pemberontakan melawan Roma, sehingga ketakutan yang mereka ucapkan dalam ayat ini masuk akal. Pasti Pemerintah Roma, yang gagah perkasa, tidak membiarkan pemberontakan yang mereka bayangkan. Mereka jauh lebih senang dengan keadaan yang enak yang mereka nikmati saat itu, dari pada kekacauan politis dan militer yang mereka bayangkan.867

Jadi, motivasi mereka nyata. Mereka tidak melawan Dia demi kepentingan kebenaran dan kemuliaan Allah. Mereka hanya memikirkan diri mereka sendiri. Mereka siap membunuh, karena, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam pasal 8:44, Iblis menjadi bapa mereka, dan Iblis adalah pembunuh sejak semula, dan tidak hidup dalam kebenaran.

Kalimat ini bersifat ironis. Mereka tidak membiarkan Dia, namum pada saat Injil Yohanes ditulis, banyak orang percaya kepada-Nya, juga orang-orang Roma telah datang dan merampas tempat suci mereka serta bangsa mereka. Sifat ironis ini semakin nyata dalam empat ayat berikut.

Hagelberg: Yoh 11:49-50 - -- 11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak...

11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu869, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa."

Kayafas menghina mereka, dan menuntut bahwa mereka membunuh Tuhan Yesus, demi kepentingan mereka. Namun perkataannya mengandung arti yang lain. Dia tidak memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat di kayu salib. Dia hanya memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai pemberontak. Demikian juga dia tidak memikirkan kebinasaan di neraka. Dia hanya memikirkan kebinasaan di tangan tentara Roma.

Hagelberg: Yoh 11:49-50 - -- 11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak...

11:49-50 Tetapi seorang di antara mereka, yaitu Kayafas, Imam Besar pada tahun itu,868 berkata kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa-apa, dan kamu tidak insaf, bahwa lebih berguna bagimu869, jika satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa kita ini binasa."

Kayafas menghina mereka, dan menuntut bahwa mereka membunuh Tuhan Yesus, demi kepentingan mereka. Namun perkataannya mengandung arti yang lain. Dia tidak memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat di kayu salib. Dia hanya memikirkan kematian Tuhan Yesus sebagai pemberontak. Demikian juga dia tidak memikirkan kebinasaan di neraka. Dia hanya memikirkan kebinasaan di tangan tentara Roma.

Hagelberg: Yoh 11:51 - -- 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, ...

11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu,

Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi suatu penjelasan kepada para pembaca. Walaupun Kayafas mengucapkan pendapatnya, perkataannya juga berasal dari Allah. Kayafas dan Allah tidak mempunyai maksud yang sama, tetapi dalam ucapan itu kata-kata mereka sama. Dengan demikian ucapan Kayafas sangat ironis. Allah dapat memakai orang jahat untuk melakukan kehendak-Nya.

Rasul Yohanes mengambil kesempatan ini untuk menegaskan Injil Keselamatan sekali lagi, yaitu bahwa Yesus akan mati sebagai korban untuk bangsa itu. Para pembaca mengerti bahwa Dia menjadi Juru Selamat karena Dia mati dan bangkit kembali.

Hagelberg: Yoh 11:51 - -- 11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu, ...

11:51 Hal itu dikatakannya bukan dari dirinya sendiri, tetapi sebagai Imam Besar pada tahun itu ia bernubuat, bahwa Yesus akan mati untuk bangsa itu,

Sesuai dengan kebiasaannya, Rasul Yohanes memberi suatu penjelasan kepada para pembaca. Walaupun Kayafas mengucapkan pendapatnya, perkataannya juga berasal dari Allah. Kayafas dan Allah tidak mempunyai maksud yang sama, tetapi dalam ucapan itu kata-kata mereka sama. Dengan demikian ucapan Kayafas sangat ironis. Allah dapat memakai orang jahat untuk melakukan kehendak-Nya.

Rasul Yohanes mengambil kesempatan ini untuk menegaskan Injil Keselamatan sekali lagi, yaitu bahwa Yesus akan mati sebagai korban untuk bangsa itu. Para pembaca mengerti bahwa Dia menjadi Juru Selamat karena Dia mati dan bangkit kembali.

Hagelberg: Yoh 11:52 - -- 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870 Lagipula keselamatan y...

11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870

Lagipula keselamatan yang Dia sediakan melalui kematian-Nya tidak terbatas pada bangsa Yahudi, tetapi disediakan bagi seluruh bangsa. Tema ini telah dikemukakan dalam pasal 10:16, yang berkata bahwa Dia mempunyai domba lain, "yang bukan dari kandang ini", yaitu kandang bangsa Israel.

Dia akan mengumpulkan dan mempersatukan mereka pada akhir zaman, tetapi saat ini mereka telah dikumpulkan dan dipersatukan dalam Tubuh Kristus menurut Efesus 2:11-22; 3:6; dan 4:3-6.

Hagelberg: Yoh 11:52 - -- 11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870 Lagipula keselamatan y...

11:52 dan bukan untuk bangsa itu saja, tetapi juga untuk mengumpulkan dan mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai-berai.870

Lagipula keselamatan yang Dia sediakan melalui kematian-Nya tidak terbatas pada bangsa Yahudi, tetapi disediakan bagi seluruh bangsa. Tema ini telah dikemukakan dalam pasal 10:16, yang berkata bahwa Dia mempunyai domba lain, "yang bukan dari kandang ini", yaitu kandang bangsa Israel.

Dia akan mengumpulkan dan mempersatukan mereka pada akhir zaman, tetapi saat ini mereka telah dikumpulkan dan dipersatukan dalam Tubuh Kristus menurut Efesus 2:11-22; 3:6; dan 4:3-6.

Hagelberg: Yoh 11:53 - -- 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia. Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menj...

11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia.

Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menjadi teratur dan sengaja, dengan motivasi yang jelas. Carson872 mengamati bahwa situasi ini jadi karena tanda kebangkitan Lazarus.

Hagelberg: Yoh 11:53 - -- 11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia. Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menj...

11:53 Mulai dari hari itu mereka sepakat871 untuk membunuh Dia.

Mereka menerima usulan Imam Besar. Pada titik ini usaha mereka untuk membunuh Dia menjadi teratur dan sengaja, dengan motivasi yang jelas. Carson872 mengamati bahwa situasi ini jadi karena tanda kebangkitan Lazarus.

Hagelberg: Yoh 11:54 - -- 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kot...

11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim,873 dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.

Dalam pasal 10:40 mereka mundur ke seberang Yordan karena usaha orang Yahudi untuk menangkap Dia.874 Setelah Lazarus dibangkitkan mereka harus undur lagi, ke daerah dekat padang gurun. Dia tidak pergi karena ketakutan, tetapi karena pelayanan yang lebih lanjut sudah mustahil dalam lingkungan yang begitu melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:54 - -- 2. Tanggapan Yesus (11:54)

2. Tanggapan Yesus (11:54)

Hagelberg: Yoh 11:54 - -- 11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kot...

11:54 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah dekat padang gurun, ke sebuah kota yang bernama Efraim,873 dan di situ Ia tinggal bersama-sama murid-murid-Nya.

Dalam pasal 10:40 mereka mundur ke seberang Yordan karena usaha orang Yahudi untuk menangkap Dia.874 Setelah Lazarus dibangkitkan mereka harus undur lagi, ke daerah dekat padang gurun. Dia tidak pergi karena ketakutan, tetapi karena pelayanan yang lebih lanjut sudah mustahil dalam lingkungan yang begitu melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:55 - -- 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum P...

11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu.

Menurut Bilangan 9:6-12 orang yang dinajiskan, misalnya karena mayat, harus ditahirkan supaya layak meningikuti upacara Paskah. Upacara penahiran makan waktu satu minggu, sehingga mereka datang lebih awal untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. Oleh karena itu, suasana kota Yerusalem sudah menjadi ramai.

Hagelberg: Yoh 11:55-57 - -- 1. Lingkungannya: hari raya Paskah (11:55-57) Perjalanan ke Yerusalem setiap tahun diwajibkan bagi setiap orang Yahudi yang dewasa. Yohanes telah meny...

1. Lingkungannya: hari raya Paskah (11:55-57)

Perjalanan ke Yerusalem setiap tahun diwajibkan bagi setiap orang Yahudi yang dewasa. Yohanes telah menyebutkan Paskah dalam pasal 2 dan pasal 6. Mungkin hari raya yang disebutkan dalam pasal 5:1 adalah Paskah juga, tetapi kemungkinan besar Paskah yang disebutkan dalam pasal 11:55 merupakan Paskah yang ke tiga.

Hagelberg: Yoh 11:55 - -- 11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum P...

11:55 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu.

Menurut Bilangan 9:6-12 orang yang dinajiskan, misalnya karena mayat, harus ditahirkan supaya layak meningikuti upacara Paskah. Upacara penahiran makan waktu satu minggu, sehingga mereka datang lebih awal untuk menyucikan diri sebelum Paskah itu. Oleh karena itu, suasana kota Yerusalem sudah menjadi ramai.

Hagelberg: Yoh 11:55--12:36 - -- C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)

C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)

Hagelberg: Yoh 11:56 - -- 11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang juga...

11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?"

Ayat ini menekankan suasana keramaian yang ada di Yerusalem pada waktu itu. Mereka yang bertanya, Akan datang jugakah Ia ke pesta? tidak berpikir bahwa Dia berani datang.876 Mereka mengerti bahwa pemimpin agama Yahudi melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:56 - -- 11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang juga...

11:56 Mereka mencari875 Yesus dan sambil berdiri di dalam Bait Allah, mereka berkata seorang kepada yang lain, "Bagaimana pendapatmu? Akan datang jugakah Ia ke pesta?"

Ayat ini menekankan suasana keramaian yang ada di Yerusalem pada waktu itu. Mereka yang bertanya, Akan datang jugakah Ia ke pesta? tidak berpikir bahwa Dia berani datang.876 Mereka mengerti bahwa pemimpin agama Yahudi melawan Dia.

Hagelberg: Yoh 11:57 - -- 11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahuk...

11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.

Rencana mereka untuk membunuh Dia mungkin belum diumumkan, tetapi perintah ini merupakan hasil pertemuan yang diceritakan dalam pasal 11:47-53. Baik penghuni Yerusalem maupun mereka yang datang khusus untuk merayakan Paskah mengerti bahwa Mahkamah Agung hendak bertindak melawan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 11:57 - -- 11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahuk...

11:57 Sementara itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi telah memberikan877 perintah supaya setiap orang yang tahu di mana Dia berada memberitahukannya, agar mereka dapat menangkap Dia.

Rencana mereka untuk membunuh Dia mungkin belum diumumkan, tetapi perintah ini merupakan hasil pertemuan yang diceritakan dalam pasal 11:47-53. Baik penghuni Yerusalem maupun mereka yang datang khusus untuk merayakan Paskah mengerti bahwa Mahkamah Agung hendak bertindak melawan Tuhan Yesus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 11:45-57 - Perundingan Kaum Farisi; Nubuat Kayafas; Persekongkolan Melawan Kristus Perundingan Kaum Farisi; Nubuat Kayafas; Persekongkolan Melawan Kristus (11:45-57) Di sini diceritakan mengenai akibat yang ditimbulkan oleh mujiza...

SH: Yoh 11:28-45 - Lazarus, bangkitlah! (Jumat, 24 Februari 2006) Lazarus, bangkitlah! Tanpa pengenalan yang benar akan Allah, hidup ini tidak berpengharapan. Hidup yang tidak berpengharapan sama dengan hidup...

SH: Yoh 11:45-57 - Percaya karena mukjizat (Senin, 01 Februari 1999) Percaya karena mukjizat Banyak orang percaya kepada Yesus karena Dia melakukan banyak mukjizat. Lebih lagi ketika Lazarus dibangkitkan dari kema...

SH: Yoh 11:45-57 - Sidang agama merencanakan pembunuhan (Senin, 4 Maret 2002) Sidang agama merencanakan pembunuhan Perikop ini merupakan kelanjutan peristiwa penampakan kuasa Yesus memberi hidup dengan membangkitkan Lazaru...

SH: Yoh 11:45-57 - Respons perdana (Minggu, 24 Februari 2008) Respons perdana Kebangkitan Lazarus memang tidak menjadi bintang utama nas ini, tapi Yesus, karya-Nya, serta respons berbagai pihak kepada Diala...

SH: Yoh 11:45-57 - Puncak konspirasi (Senin, 3 Februari 2014) Puncak konspirasi Jika satu orang kesal dan ingin membunuh orang lain, itu belum luar biasa. Amarahnya bisa menyurut, keinginan jahat itu pun bisa di...

SH: Yoh 11:45-57 - Matikanlah Kebencian (Selasa, 9 Maret 2021) Matikanlah Kebencian Sikap membenci dapat muncul dalam diri siapa pun; ini didasari oleh sifat iri hati. Kebencian akan menghapus segala kebaikan, ba...

SH: Yoh 11:46-57 - Hati yang degil (Sabtu, 25 Februari 2006) Hati yang degil Iman yang dangkal membutuhkan banyak tanda dan mukjizat agar percaya. Iman yang bertumbuh mampu percaya tanpa perlu melihat ta...

Utley: Yoh 11:45-46 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:45-4645 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat...

Utley: Yoh 11:47-53 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:47-5347 Lalu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi memanggil Mahkamah Agama untuk berkumpul dan mereka berkata: "Apaka...

Utley: Yoh 11:54 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:5454 Karena itu Yesus tidak tampil lagi di muka umum di antara orang-orang Yahudi, Ia berangkat dari situ ke daerah deka...

Utley: Yoh 11:55-57 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 11:55-5755 Pada waktu itu hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat dan banyak orang dari negeri itu berangkat ke Yerusalem...

Topik Teologia: Yoh 11:51 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Kita Ditebus oleh Kristus Yoh 11:51-52 Gal 4:4-5 ...

TFTWMS: Yoh 11:45-46 - Iman Itu Bersifat Memecah-belah IMAN ITU BERSIFAT MEMECAH-BELAH (Yohanes 11:45, 46) Ketika orang-orang itu berdiri di luar kubur Lazarus dan melihat dia berjalan ke luar dalam keada...

TFTWMS: Yoh 11:48 - Iman Itu Mengancam IMAN ITU MENGANCAM (Yohanes 11:48) Beberapa dari mereka yang telah menyaksikan kebangkitan Lazarus pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Fari...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat lisan (tradisi) jang sangat pa...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang begitu dangkal sehingga seorang anak dapat main di dalam...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18) II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42) A. Pengantar pada Pelayanan Y...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with Commentary and Notes on the Greek Text, The W...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "AKU PERCAYA" (Yohanes 11:1-57) Kasih atau cinta selalu berawal kembali! Orang mungkin saja mengira bahwa ia mengenal kasih sebagai anak ke...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 King Duncan, "Faith," Dynamic Illustrations (Knoxville, Tenn.: Seven Worlds Press, January/February 1995). 2 Dikutip ...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang ab

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES

PENGANTAR

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Seperti yang dikatakan dalam buku ini, Kabar Baik ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya dapat percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan -- Ia Anak Allah sendiri. Juga supaya melalui percaya kepada-Nya mereka memperoleh hidup (Yoh 20:31).

Setelah pendahuluan yang mengemukakan bahwa Sabda Allah yang abadi itu adalah Yesus, bagian pertama buku ini mengisahkan berbagai keajaiban yang dibuat oleh-Nya. Keajaiban-keajaiban itu menunjukkan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan, Ia Anak Allah. Masing-masing kisah mengenai keajaiban disertai oleh percakapan-percakapan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang. Dari percakapan-percakapan itu jelaslah apa yang diungkapkan oleh keajaiban-keajaiban itu. Di dalam bagian ini dikemukakan bahwa ada orang yang percaya kepada Yesus dan menjadi pengikut-Nya, tetapi ada pula yang menentang Dia dan tidak mau percaya kepada-Nya. Pasal 13-17 (Yoh 13:1-17:26) mencatat secara panjang lebar bagaimana akrabnya Yesus dengan pengikut-pengikut-Nya pada malam ketika Ia hendak ditangkap, dan bagaimana Ia mempersiapkan serta menguatkan hati mereka pada malam itu. Pasal-pasal terakhir menguraikan tentang bagaimana Yesus ditangkap dan diadili, bagaimana Ia disalibkan, mati dan bangkit kembali, dan bagaimana Ia memperlihatkan diri-Nya kepada para pengikut-Nya setelah Ia hidup kembali.

Cerita tentang wanita yang tertangkap basah sedang berbuat zinah (\\/BIS Yoh

  1. 8:1-11\\), dimasukkan antara tanda kurung besar karena banyak naskah dan

terjemahan-terjemahan zaman dahulu tidak memuat cerita itu, sedangkan yang lain-lainnya memuatnya di berbagai tempat.

Dalam bukunya ini Yohanes menitikberatkan pemberian, yaitu hidup sejati dan kekal, yang diberikan Allah melalui Kristus. Pemberian itu sudah mulai di dunia, dan dapat dialami oleh orang-orang yang menerima Yesus sebagai jalan kepada Allah, sebagai yang menyatakan Allah, dan sebagai pemberi hidup. Ciri khas Yohanes ialah kiasan-kiasan yang diambilnya dari hal-hal sehari-hari untuk menunjukkan kebenaran-kebenaran rohani, misalnya: air, roti, terang, gembala dan dombanya, pohon anggur dan buahnya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yoh 1:1-18
  2.  Yohanes Pembaptis dan orang-orang yang pertama-tama menjadi pengikut
    Yesus
    Yoh 1:19-51
  3.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat
    Yoh 2:1-12:50
  4.  Hari-hari terakhir di Yerusalem dan dekat Yerusalem
    Yoh 13:1-19:42
  5.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Yoh 20:1-31
  6.  Penutup: suatu penampakan diri lagi di Galilea
    Yoh 21:1-25

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia.

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia. Dengan demikian diharapkan agar iman mereka semakin dikuatkan dalam mengikuti Yesus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 91 sesudah Masehi.

Penerima : Setiap orang percaya.

Isi Kitab: Kitab Injil Yohanes ini terdiri atas 21 pasal. Di dalam Kitab ini Tuhan Yesus disaksikan sebagai Firman yang menjadi manusia, Anak Allah. Karena itu, Injil Yohanes ini langsung menantang setiap pembaca untuk segera mengambil keputusan sendiri, yakni _percaya_ kepada Tuhan Yesus untuk mendapat keselamatan, tetapi jika _menolak_ Tuhan Yesus pasti akan mendapat kebinasaan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Yohanes

Untuk mengerti keseluruhan Kitab ini, perlu dimengerti tiga kata penting berikut ini.

  1. Tanda Pengajaran tentang "tanda-tanda" ajaib yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia

    Dalam Injil Yohanes, ada tujuh tanda penting yang dibuat oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 2:1-11. Mujizat air diubah menjadi anggur.
    2. Bacalah pasal Yoh 4:46-54. Tanda mujizat kedua, Tuhan Yesus menyembuhkan ana pegawai yang sakit.
    3. Bacalah pasal Yoh 5:1-47. Tanda mujizat ketiga, Tuhan Yesus menyembuhkan oran sakit di Bethesda.
    4. Bacalah pasal Yoh 6:1-14. Mujizat keempat, Tuhan Yesus memberikan makanan kepad 5010 orang dengan lima potong roti kecil dan dua ekor ikan.
    5. Bacalah pasal Yoh 6:15-21. Tuhan Yesus berjalan di atas air. Ini menunjukkan bahw Ia berkuasa atas alam raya.
    6. Bacalah pasal Yoh 9:1-14. Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta.
    7. Bacalah pasal Yoh 11:1-57. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian.

Kesemua tanda ajaib ini hanya bisa dilakukan oleh Allah, karena itu tanda-tanda tersebut membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Jadi jika seorang menolak Tuhan Yesus, itu berarti ia menolak Allah. Demikian juga, jika seseorang menerima Tuhan Yesus, ia menjadi anggota keluarga Allah (bacaan Yoh 1:12).

  1. Percaya Pengajaran tentang "percaya" kepada pengakuan Tuhan Yesus tentang dirinya sendiri

    Pada dasarnya berita yang dibawa oleh Tuhan Yesus ialah berita tentang diri-Nya sendiri. Dalam Injil Yohanes ini, Tuhan Yesus memberikan tujuh perumpamaan tentang diri-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 6:53,41,48; 14:6. Dalam nats-nats ini Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya adalah sumber kehidupan. Ini berarti seseorang hanya dapat memiliki hidup yang kekal dan berarti kalau ia datang kepada Tuhan Yesus.
    2. Bacalah pasal Yoh 8:12. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Terang Dunia. Ini berarti Tuhan Yesus sajalah yang dapat memberikan penerangan dalam kehidupan manusia yang berdosa.
    3. Bacalah pasal Yoh 10:7,9. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pintu. Ini berarti hanya melalui Tuhan Yesus sajalah seseorang dapat memasuki Sorga.
    4. Bacalah pasal Yoh 10:11,14. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Ini berarti bahwa Tuhan Yesus sajalah yang dapat memelihara dan menjaga kehidupan seseorang.
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Kebangkitan. Ini berarti di dalam diri-Nya tidak ada kematian, atau seseorang yang tidak menginginkan kematian, hanya dapat memperolehnya di dalam Tuhan Yesus.
    6. Bacalah pasal Yoh 14:6. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ini berarti seseorang yang ingin beribadah kepada Allah, hanya dapat memperoleh kalau orang itu pergi dan datang kepada Tuhan Yesus saja.
    7. Bacalah pasal Yoh 15:1-8. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pokok Anggur yang benar. Ini berarti seseorang (orang percaya) dapat memberikan perbuatan dan kehidupan yang benar di hadapan Allah kalau ia tetap hidup dengan menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus.
  2. Hidup Pengajaran tentang "hidup" bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus

    Memilih Tuhan Yesus Kristus dan dimiliki oleh-Nya, berarti memiliki Allah dan hidup yang benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 1:14. Dimanakah hidup ini berada?
    2. Bacalah pasal Yoh 3:36. Apakah yang didapat orang yang percaya? Dan apakah yang didapat orang yang tidak percaya?
    3. Bacalah pasal Yoh 5:24. Kemanakah orang yang percaya berpindah?
    4. Bacalah pasal Yoh 6:40. Apa yang menjadi kehendak Allah?
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25-26. Apakah akibatnya percaya kepada Tuhan Yesus?

II. Penutup

Apakah TANDA-TANDA mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus, dan pengakuan tentang diri-Nya, telah membuat saudara PERCAYA, bahwa Yesuslah Mesias (juruselamat) supaya oleh imanmu (percayamu) kamu beroleh HIDUP di dalam-Nya (Yohanes 20:30-31). Kalau belum, janganlah ditunda lagi, sekarang adalah waktu yang terbaik bagi anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Yohanes?
  2. Mujizat apakah yang pertama kali dilakukan oleh Tuhan Yesus?
  3. Berapakah pengakuan yang dinyatakan Tuhan Yesus tentang diri-Nya?
  4. Sudahkah saudara mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah yang member kehidupan dan memelihara hidup saudara?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Inji Yohanes?

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan

Firman Allah terakhir kepada manusia

INJIL YANG BERBEDA.
Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan dengan Injil-injil yang lain, cara penuturan yang panjang lebar tentang apa yang dikatakan Yesus membuat sebagian orang merasa bahwa Yohanes tidak teliti. Sampai beberapa waktu yang lalu banyak ahli percaya bahwa Injil Yohanes adalah yang paling akhir (sekitar tahun 100 M.) yang paling tidak bersifat Yahudi dan bahwa ia menggunakan acuan dari yang lain; ia juga bukan seorang saksi mata dan bahwa semua kata-kata yang ditulisnya bukan benar-benar perkataan Yesus. Dengan demikian, kita diwarisi sekumpulan pemikiran yang menarik tentang Yesus yang ditulis oleh seorang Kristen pada zaman Kekristenan yang mula-mula. Arkeologi telah mengubah pandangan tersebut. Banyak ahli sekarang mengatakan bahwa Yohanes tidak bergantung pada para penulis Injil lainnya, dan bahwa ia mengenal Palestina bagian selatan dengan baik pada masa Yesus, bahwa ia juga seorang saksi mata dan bahwa ia menulis Injilnya sangat awal atau paling tidak, seawal Injil lainnya.

INJIL YOHANES?
Kita tidak dapat menerka dari Injil itu sendiri siapa penulisnya, atau paling tidak siapa yang menyediakan semua bahan tulisan itu. Penulisnya ialah' murid yang dikasihi Yesus' (Yoh 21:20-24, lihat Yoh 13:23-25). Banyak orang dan gereja mula-mula yang mengatakan bahwa penulisnya adalah Yohanes, saudara Yakobus. Walaupun namanya jelas disebut dalam Injil-injil lain, tetapi tidak disebut dalam Injil ini. Lebih dari itu, boleh jadi ia mendapat tempat di sisi Yesus pada saat Perjamuan Malam. Dengan demikian, ia tentu dapat menyampaikan hal-hal yang sangat pribadi secara terperinci tentang bagaimana Yesus berbicara dan bekerja.

MENGAPA IA MENULIS INJIL ITU?
Ia sendiri mengatakan -'supaya kamu percaya bahwa Yesus itu Kristus' (Yoh 20:30, 31). Oleh karenanya, di sini kita tidak hanya mendapatkan suatu biografi, tetapi lebih mendapatkan semacam traktat Injil yang dipersiapkan dengan saksama. Ia menceritakan kepada kita bahwa ia mempunyai bukti-bukti yang dipilihnya secara khusus. Ia hanya memasukkan tujuh mukjizat Yesus, dan biasanya dilanjutkan dengan pembicaraan yang memberi kepada kita arti yang lebih dalam tentang apa yang dikerjakan Yesus. Yohanes mengetengahkan saksi mata-saksi mata satu persatu, dan pada akhirnya pembaca harus mengambil keputusan mengenai Yesus Kristus. Oleh karena inilah maka, walaupun ia mungkin pertama-tama menulis Injilnya untuk orang bukan Yahudi (ia menjelaskan banyak istilah dan adat istiadat Yahudi), semenjak itu Injil ini telah membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.

TAMBAHAN PADA TAHAP AWAL.
Dalam Injil Yohanes kita membaca salah satu kisah mengenai belas kasihan Yesus kepada seorang pendosa yang paling sering diceritakan, yaitu seorang wanita yang ditangkap karena berzinah (Yoh 7:53-8:11). Anehnya, bagian kisah tadi tidak merupakan bagian dari naskah-naskah tertua dan tidak selalu muncul pada waktu itu. Namun, banyak orang setuju bahwa kisah ini merupakan kejadian yang sungguh terjadi dalam kehidupan Yesus yang diingat, ditulis dan ditambahkan pada Injil Yohanes pada tahun-tahun pertama sesudah penulisan.

Pesan

1. Bukti
Menjadi saksi mata di persidangan merupakan tema kunci dalam Injil Yohanes.
Terdapat sejumlah kesaksian dari para saksi mata yang diketengahkan untuk
membuktikan kasus mengenai Yesus adalah Kristus dan Anak Allah.
o Perjanjian Lama: Yoh 1:45; 5:39, 46-47; 8:56, lihat Yoh 3:14; 6:32-35
o Yohanes Pembaptis: Yoh 1:6-8, 15, 19-36; 3:25-30; 5:33-36, lihat Yoh 10:40-42
o Orang banyak: Yoh 4:29, 39; 9:13-33, 38;11:27; 12:9, 17
o Para rasul: Yoh 1:41-46, 49; 15:27; 17:20; 20:24-25, 28, lihat Yoh 1:14; 19:35; 20:30-31; 21:24
o Allah Bapa: Yoh 5:31-32, 37; 8:18, 50, 54; 12:27-28
o Roh Kudus: Yoh 14:26; 15:26; 16:12-15
o Pekerjaan Yesus: Yoh 2:11, 23; 5:36; 9:3, 31-33; 10:25, 37-38; 11:4, 42, 45; 14:11; 20:30-31
o Yesus sendiri, kata-kata dan pernyataan Nya: Yoh 3:11, 32; 8:13-14, 38; 6:35, 48, 51; 8:12; 9:5; 10:7, 10, 14; 11:25; 14:6; 15:1, lihat Yoh 8:58 (Kel 3:14). Lihat
tema-tema kunci.

2. Keputusan.
o Mereka yang menolak Dia: Yoh 1:10-11; 3:11; 4:48; 5:43; 6:36, 64, 66; 12:37, 47-48; 15:19, 24.
Dan alasannya: Yoh 3:19-21; 5:44; 6:37, 44, 65; 8:43-47; 9:39-41; 12:37-43; 18:37.
o Mereka yang menanggapi Dia:
- Dengan melihat dan mendengarkan Dia Yoh 1:14; 6:40, 45; 10:3, 16, 27; 12:45, 47; 14:9; 18:37
- Dengan mempercayai Dia Yoh 1:7, 12; 2:11, 22; 3:16, 18; 5:24; 6:29, 47; 8:24; 9: 35-38; 11:25-27, 40; 13:19; 14:1, 11;16:27, 30; 17:8; 20:8, 29, 31
- Dengan datang untuk mengenal Dia Yoh 6:69; 7:17; 8:19; 10:14; 14;7, 9; 17:3, 25
yang berarti hidup di dalam terang Yoh 1:4- 5, 9; 3:19-21; 8:12; 9:39; 11:9; 12:35-36, 46
dan mempelajari kebenaran Yoh 1:14, 17; 4:23-24; 8:32; 14:6; 17:17; 18:37
- Dengan mengasihi Kristus dan sesama Yoh 13:34-35; 14:15, 21-24; 15:9-10, 12; 21:15-17
yang berarti tinggal di dalam Dia Yoh 15:1-10

Penerapan

1. Kristus adalah Firman Allah yang terakhir kepada umat manusia.
Ia menunjukkan kepada kita:
o kebenaran Allah
o kemuliaan Allah
o kasih Allah
dengan kehidupan dan kematian-Nya. Dia adalah jalan satu-satunya untuk kembali
kepada Allah.

2. Tidak bisa tidak kita harus berespons terhadap Dia.
Buktinya adalah nyata:
o Jika kita menolak Dia, hal itu bukan disebabkan karena kita tidak dapat
percaya kepada-Nya - tetapi karena kita tidak mau!
o Jika kita menerima Dia, itu berarti penyerahan sepenuh hati dan ketaatan.

3. Kehidupan kekal dimulai di sIni dan kini. Melalui Roh Kudus Yesus menawarkan
kepada kita:

o kepuasan
o kemerdekaan dari Setan dan dosa
o kemampuan baru
o doa-doa yang dijawab
o sukacita sejati
Apa yang dimulai-Nya sekarang akan disempurnakan-Nya pada waktu Ia datang
kembali.

4. Anda harus menyaksikan iman Anda kepada orang lain.
Walaupun dunia akan membenci Anda seperti dunia telah membenci Yesus, Anda juga
harus menjadi seorang saksi dengan pertolongan Roh Kudus.

Tema-tema Kunci

1. Yesus dan Bapa.
Injil Yohanes penuh dengan hal-hal yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia terlibat dalam penciptaan, Ia datang ke dalam dunia ini dan ketika Ia naik ke surga, Ia kembali kepada kemuliaan yang adalah hakNya. Gambarkanlah arti semua ini bagi Anda sendiri: Yoh 1:1-18; 3:13, 31, 35; 5:17-23, 26-27, 30; 6:38, 46, 57; 7:16-17, 29; 8:28-29, 38, 42; 10: 15, 29-30, 38; 11:41-42; 12:44-45, 49-50; 13:3, 31-32; 14:7-11, 20, 28, 31; 15:23-24; 16:15, 28, 32; 17:1-2, 4-5, 10-11, 21-23; 20:17.

2. Kematian Kristus bagi orang berdosa.
Lebih daripada yang diceritakan dalam Injil-injil lain, Yohanes memberitahukan kepada kita mengapa Yesus harus mati dan mengenai kasih yang mendorong-Nya untuk rela melakukan itu. Lihat Yoh 1:29, 36; 2:19-22; 3:14-17; 6:51, 53-56; 8:28; 10:11, 15, 18; 11:50-52; 12:24, 27, 32-34; 15:13.

3. Roh Kudus.
o Terdapat lebih banyak uraian mengenai Roh Kudus dalam Injil ini dibandingkan dengan Injil-injil lain. Roh Kudus digambarkan sebagai Pribadi yang akan menggantikan Yesus apabila Ia pergi kepada Bapa. Yoh 1:32-33; 3:5-6, 8, 34; 4:23-24; 6:63; 7:37-39, lihat Yoh 4:13-14; 14:16-17, 25-26; 15:26; 16:7-15; 20:22.

4. Kehidupan kekal.
Inilah yang digambarkan oleh Matius, Markus dan Lukas sebagai Kerajaan Allah. Kehidupan kekal ini dihubungkan dengan kelahiran baru atau kelahiran untuk yang kedua kalinya. Lihat Yoh 1:4, 12-13; 3:3-7, 16, 36; 4:14, 36; 5:21, 24-29; 6:27, 40, 47, 54, 57-58, 68; 10:28; 11:25; 12:25, 50; 17:2-3.

5. Jadwal Allah.
Yohanes memberikan kepada kita gambaran tentang Yesus yang mengendalikan segala sesuatu dari awal sampai akhir. Yesus tahu bahwa Ia sedang mengerjakan suatu rencana induk, oleh karenanya tidak ada sesuatu apa pun, bahkan tidak juga kematian-Nya yang mengejutkan Dia. Pelajarilah ayat-ayat berikut: Yoh 2:4; 7:6-8; 12:23; 13:1; 18:4.

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51 Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia Yoh 1:19-34Anak Domba Allah Yoh 1:35-51Kristus [

[1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51

Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan
Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia
Yoh 1:19-34Anak Domba Allah
Yoh 1:35-51Kristus

[2] UTARA DAN SELATAN Yoh 2:1-4:54

Yoh 2:1-12Sekilas pandangan pertama tentang kemuliaan
Yoh 2:13-25Tuhan atas Bait Allah
Yoh 3:1-21Nikodemus menemui Yesus pada malam hari
Yoh 3:22-36Seorang dari atas
Yoh 4:1-42Mesias dan orang yang tersingkir
Yoh 4:43-54Tanda kedua

[3] SEORANG LUMPUH DI HARI SABAT Yoh 5:1-47

[4] LIMA RIBU ORANG DIBERI MAKAN Yoh 6:1-71

[5] PADA PERAYAAN HARI RAYA PONDOK DAUN Yoh 7:1- 9:41

Yoh 7:1-52Air hidup
Yoh 7:53-8:11Perempuan yang berzinah ditangkap
Yoh 8:12-59Terang dunia
Yoh 9:1-41Pemberi penglihatan

[6] GEMBALA YANG BAIK Yoh 10:1-42

[7] PEMULIH KEHIDUPAN Yoh 11:1-57

[8] PASKAH TERAKHIR Yoh 12:1-50

Yoh 12:12-19 Raja masuk ke Yerusalem
Yoh 12:1-11Kasih Maria
Yoh 12:20-36Biji gandum
Yoh 12:37-50Kesimpulan

[9] DI RUANG ATAS Yoh 13:1-30

Yoh 13:1-20Yesus, hamba
Yoh 13:21-30Yudas, pengkhianat

[10] SIAP UNTUK PERGI Yoh 13:31-16:33

Yoh 13:31-14:14Waktu untuk meninggalkan
Yoh 14:15-31Roh Kudus dijanjikan
Yoh 15:1-17Pokok Anggur yang benar
Yoh 15:18-16:11Kesukaran di dalam dunia
Yoh 16:12-33Janji dan kebingungan

[11] YESUS BERDOA BAGI MILIK-NYA Yoh 17:1-26

Yoh 17:1-19Murid-murid-Nya
Yoh 17:20-26Gereja yang akan datang

[12] PENANGKAPAN, PENGADILAN, PENYALIBAN Yoh 18:1-19:42

Yoh 18:1-11Kekacauan di taman Getsemani
Yoh 18:12-27Menyaksikan sendiri
Yoh 18:28-19:16Gubernur dan Raja
Yoh 19:17-42Mati dan dikuburkan

[13] KEBANGKITAN Yoh 20:1-21:25

Yoh 20:1-18Maria berada di kubur Yesus
Yoh 20:19-23Minggu malam
Yoh 20:24-31'Tuhanku dan Allahku!'
Yoh 21:1-14Ikan untuk sarapan
Yoh 21:15-25Gembalakanlah domba-domba-Ku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.76 detik
dipersembahkan oleh YLSA